header entertainesia

Rekomendasi Buku Anak Indonesia Sebagai Bahan Bacaan

Post a Comment
buku anak indonesia
Menemani tumbuh kembang anak dengan buku bacaan dirasa sangat diperlukan. Menurut beberapa ahli pun buku dapat menstimulasi dengan tepat untuk perkembangan otak anak. Beruntungnya buku anak Indonesia ini cukup banyak dan berlimpah. Namun sebagai orang tua tetap harus bisa memilah dan memilih buku yang pas untuk anak. Berikut adalah beberapa ragam bacaan yang bisa menjadi rekomendasi.

Ragam Bacaan Buku Anak Indonesia

Bacaan buku untuk anak memang sangat beragam. Oleh karenanya orang tua harus pandai memilih buku sesuai dengan kebutuhan anak. Untuk buku anak sendiri dapat digolongkan ke dalam tingkatan usia anak. Dengan begitu, tentunya orang tua tidak akan salah memilihkan buku untuk anak dalam menemani tumbuh kembangnya.

Perlu orang tua ketahui bahwa banyak sekali manfaat dari membaca buku, salah satunya adalah dapat meningkatkan daya ingat anak. Selain itu dengan membaca buku, anak pun akan memiliki perbendaharaan kata yang cukup banyak dan juga mampu melatih konsenterasi anak.

Begitu banyak manfaat dari membaca buku dan ketika memilihkan buku untuk anak pun tidak terlalu sulit. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah membelikan buku sesuai dengan tingkatan usia dari sang anak supaya manfaat yang disebutkan di atas semakin terasa.

Saat anak berusia 0-1 tahun berikanlah buku yang memiliki banyak gambar dan juga memiliki warna yang kontras. Ketika anak mulai bertumbuh menginjak usia 1-2 tahun berikan buku yang berkarakter tokoh kartun atau binatang, saat usia 3-5 tahun berikanlah buku yang menceritakan tentang kehidupan sehari-hari.

Saat usia 6 tahun ke atas beri buku yang memiliki banyak teks, karena pada usia tersebut anak sudah masuk sekolah dasar dan biasanya di sekolah anak akan sering dituntut untuk banyak membaca. Selain memilih buku sesuai dengan tingkatan usia, orang tua pun harus memperhatikan visualisasi buku juga penting memilih buku yang memiliki pesan moral.

Untuk rekomendasi buku anak Indonesia usia 0-2 tahun misalnya saja buku dengan judul Magical Unicorns, usia 3-7 tahun ada buku dengan judul Bella dan Balon Merah, usia 0-5 tahun bisa diberikan buku dengan judul Halo Balita : Kisah Nabi Muhammad SAW, dan seterusnya. Untuk saat ini pun tidak sulit mencari buku berkualitas untuk anak karena tersedia di toko buku online ataupun offline.
Marita Ningtyas
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

Post a Comment