header entertainesia

6 Rekomendasi Film untuk Ahli Farmasi, Wajib Tonton!

Post a Comment
film untuk ahli farmasi wajib tonton

Film memiliki kekuatan untuk menginspirasi, mengedukasi, dan menghibur. Bagi ahli farmasi, menonton film yang terkait dengan dunia medis dan farmasi tidak hanya bisa menjadi hiburan, tetapi juga bisa memberikan wawasan baru dan inspirasi.

Eits, tapi sebelum kita ngomongin film nih, Miminesia mau ngasih info dulu kalau ternyata ahli farmasi itu punya organisasi profesi lo. Bahkan organisasinya ini legit, udah berdiri sejak tahun 1946. Mantap kan?

Organisasi itu bernama PAFI (Persatuan Ahli Farmasi Indonesia). Di tiap wilayah sudah ada cabangnya masing-masing. Salah satunya adalah Pafi Kabupaten Trenggalek. Cung siapa nih ahli farmasi yang tinggal di Trenggalek? Bisa gabung di situ ya.

Apa Saja Rekomendasi Film untuk Ahli Farmasi yang Wajib Tonton?

Film tentang dunia farmasi memang nggak sebanyak film yang memuat dunia kedokteran ya. Hospital Playlist adalah salah satu tontonan bertema kedokteran yang menjadi favorit Miminesia. Kalau Entertain Holic ada favorit lain?

Nah, apakah Entertain Holic adalah ahli farmasi? Butuh hiburan tapi juga motivasi untuk tetap menjalani hari-hari yang sibuk dan kadang melelahkan?

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi film yang menarik dan relevan bagi ahli farmasi.

1. The Pharmacist (2020)

The Pharmacist adalah serial dokumenter Netflix yang mengisahkan perjuangan seorang ahli farmasi, Dan Schneider, dalam mengungkap krisis opioid di Amerika Serikat. Setelah kehilangan putranya akibat overdosis obat, Dan memulai investigasi pribadi untuk mengungkap penyebab di balik maraknya penyalahgunaan resep opioid. 

Serial ini menggabungkan unsur investigasi, ketegangan, dan realita krisis kesehatan, memberikan wawasan mendalam tentang tantangan yang dihadapi oleh ahli farmasi dalam melawan penyalahgunaan obat.

2. Dallas Buyers Club (2013)

Dallas Buyers Club adalah film yang diangkat dari kisah nyata Ron Woodroof, seorang pria yang didiagnosis dengan AIDS pada 1980-an. Menghadapi minimnya opsi pengobatan yang tersedia, Ron mencari dan mendistribusikan obat-obatan alternatif bagi dirinya dan orang lain yang mengalami kondisi serupa. 

Film ini menggambarkan perjuangan melawan birokrasi medis dan industri farmasi, serta menggarisbawahi pentingnya inovasi dalam pengobatan. Ahli farmasi dapat mengambil pelajaran berharga tentang dampak regulasi obat dan pentingnya aksesibilitas obat.

3. Contagion (2011)

Contagion adalah film thriller yang menggambarkan penyebaran virus mematikan di seluruh dunia dan upaya para ilmuwan, termasuk ahli farmasi, dalam menemukan vaksin. Film ini sangat relevan, terutama dalam konteks pandemi COVID-19. 

Contagion memberikan gambaran realistis tentang kerja keras, koordinasi, dan tantangan yang dihadapi oleh para profesional kesehatan dalam menangani wabah penyakit. Ahli farmasi dapat melihat pentingnya peran mereka dalam krisis kesehatan global.

4. Lorenzo's Oil (1992)

Lorenzo's Oil adalah film berdasarkan kisah nyata Lorenzo Odone, seorang anak yang didiagnosis dengan penyakit ALD (Adrenoleukodystrophy). Orang tuanya, Augusto dan Michaela Odone, berjuang mencari pengobatan meski tidak memiliki latar belakang medis. 

Mereka akhirnya menemukan minyak yang dapat memperlambat perkembangan penyakit tersebut. Film ini menekankan pentingnya penelitian, ketekunan, dan inovasi dalam bidang kesehatan. Ahli farmasi akan terinspirasi oleh kisah perjuangan ini dan pentingnya kolaborasi dalam penelitian obat.

5. The Constant Gardener (2005)

The Constant Gardener adalah film yang mengisahkan seorang diplomat Inggris, Justin Quayle, yang menyelidiki kematian misterius istrinya di Kenya. Penyelidikannya mengungkap konspirasi besar terkait uji coba obat oleh perusahaan farmasi multinasional. 

Film ini mengangkat isu etika dalam penelitian farmasi dan dampaknya terhadap masyarakat. Ahli farmasi dapat mengambil pelajaran penting tentang tanggung jawab etis dan moral dalam praktik profesional mereka.

6. Extraordinary Measures (2010)

Extraordinary Measures adalah film yang menceritakan kisah nyata John Crowley yang berusaha menemukan obat untuk dua anaknya yang menderita penyakit Pompe. Bekerja sama dengan ilmuwan eksentrik Dr. Robert Stonehill, mereka menghadapi tantangan besar dari segi finansial dan birokrasi.

Film ini menginspirasi dan mengajarkan pentingnya ketekunan, kerja sama, dan inovasi dalam pengembangan obat. Ahli farmasi dapat melihat dampak nyata dari penelitian dan pengembangan obat dalam menyelamatkan nyawa.

Kesimpulan

Film-film tersebut tidak hanya menawarkan hiburan tetapi juga memberikan wawasan mendalam tentang berbagai aspek dunia medis dan farmasi. Dari investigasi krisis opioid hingga perjuangan melawan penyakit langka, masing-masing film memberikan perspektif yang berbeda namun relevan bagi ahli farmasi.

Menonton film-film ini dapat menginspirasi, mendidik, dan memperkaya pemahaman mereka tentang tantangan dan peluang dalam profesi farmasi. Bagi ahli farmasi, film-film ini adalah sumber inspirasi yang kuat dan pengingat akan pentingnya peran mereka dalam menjaga kesehatan masyarakat.

Jangan lupa juga untuk gabung dengan Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Kabupaten Trenggalek buat Entertain Holic yang ahli farmasi dan tinggal di wilayah Trenggalek. Selamat menikmati rekomendasi filmnya dan tetap semangat!***
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.
Newest Older

Related Posts

Post a Comment