header entertainesia

Ngeblog dari Nol Kuatkan Big Why dan Konsistensimu

Post a Comment
ngeblog dari nol kuatkan big why
Entertain Holic seorang bloger? Maka pastikan untuk memiliki buku Ngeblog dari Nol besutan IIDN. Ditulis langsung oleh tiga punggawanya, mbak Widyanti Yuliandari selaku ketua IIDN bersama mbak Alfa Kurnia dan mbak Nunu Amir.

Mengangkat tagline ‘Panduan Lengkap Belajar Blogging untuk Pemula’, tetapi buku ini nggak hanya cocok dibaca oleh para bloger pemula lo. Bahkan untuk mereka yang sudah lama menekuni dunia blogging dan mulai kehilangan sparkling of fight-nya, buku ini pantas dimiliki dan dibaca.

Covernya yang manis dengan memadukan warna putih dan merah khas logo IIDN, semakin memercikkan semangat untuk menuntaskan lembar demi lembar di dalamnya. Ditambah dengan kehadiran kartun perempuan dengan wajah ceria yang sedang duduk di depan laptop, seperti menggambarkan diri-diri kita yang bersemangat menuntaskan tulisan demi tulisan.

Sayangnya senyum yang tersungging di bibir tokoh kartun pada cover buku ini tak selalu hadir, ada kalanya ngeblog terasa berat, sulit dan juga menjemukan? Mengapa bisa ada di tahap tersebut, padahal pada masanya blogging pernah membawa sparkling tersendiri di hati?

Jika Entertain Holic yang suka ngeblog dan mengalami tahapan itu, cuzz lah buka lembar-lembar pertama buku ini. Dijamin prakata dari ketiga penulisnya akan langsung menancap di hati.
Mbak Widyanti menuliskan, “Pemula bisa ngeblog dengan sukses jika jalannya benar!”
Dituliskan dalam buku tersebut, banyak narablog pemula mandheg di tempat dan tidak mengalami kemajuan dikarenakan harapan yang terlalu muluk-muluk pada sebuah blog. Sayangnya, harapan tersebut tidak diimbangi dengan wawasan dan keterampilan yang kurang lengkap bagaimana menjalankan sebuah blog. And yes, this book tells how to do it.

Sementara mbak Alfa menuliskan bahwa buku Ngeblog dari Nol ditulis untuk berbagi sekaligus memotivasi mereka yang ingin belajar ngeblog dengan lebih terarah.
Kalimat mbak Nunu Amir dalam prakatanya tak kalah menarik. “Blog, bukan cuma untuk make money!”
Mbak Nunu berbagi bahwa setelah ia bergabung dengan komunitas, ia menyadari kalau blog punya banyak manfaat dan bukan hanya untuk menghasilkan uang. Hal terpenting adalah mau menjalani prosesnya. Materi adalah buah dari proses yang sedang dijalani.

Jadi kalau Entertain Holic baru mulai ngeblog dan sudah berharap pengen langsung enak, dapat tawaran job ini dan itu, eits… jangan tergesa-gesa. Setiap profesi itu punya jalannya. Mau serius dan berbahagia ngeblog? Baca dulu buku cantik ini.

Mengintip Buku Ngeblog dari Nol

Judul: Ngeblog dari Nol
Jumlah Halaman: 181
Penulis: Widyanti Yuliandari, Alfa Kurnia, Nunu Amir
Kontributor: Lusiana, Deddy Huang, Ditya Pandu, Wijatnika Ika (in memoriam), Caroline Adenan
Anggota: Fitria Rahma, Nabila Ghaida Zia
Penyunting: Ira Purwo Kinanti
Desain Cover dan Tata Letak: Wonderland Publisher
Penerbit: Wonderland Publisher
ISBN: 978 – 623 – 6274 – 63- 7

Setelah dibuka dengan prakata dari tiga penulisnya yang sudah langsung mengobarkan semangat di dalam diri, rasanya sayang untuk tidak segera membaca halaman selanjutnya. Fyi, Miminesia menamatkan buku ini hanya sekali duduk lo. Karena memang semenarik itu.

Ada tujuh bab di buku ini, setiap babnya ada saja kalimat yang Miminesia beri garis bawah. Artinya, kalimat itu penting dan bermakna. Biasanya ditandai dengan anggukan di kepala yang semakin kencang karena sepakat dengan kalimat tersebut.

Why Blogging

Bab pertama dibuka dengan topik Why Blogging alias kenapa sih ngeblog. Pertanyaan yang setiap kali memasuki kelas-kelas blog selalu ditanyakan di awal, termasuk saat Miminesia memulai Blogspedia Coaching.

Pertanyaan ini sangat penting, karena dengan menggalinya, blogger akan lebih siap maju ke ‘medan pertempuran.’ Sesulit, seterjal dan sepusing apapun proses yang dihadapi, semua akan terasa menyenangkan karena sudah menemukan big why ngeblog.

Tentu saja setiap bloger bisa jadi punya alasan yang berbeda-beda. Namun apapun alasan itu sebaiknya tidak pernah jauh-jauh dari keinginan untuk berbagi manfaat. Untuk menjalaninya, diperlukan adanya fun agar tetap enjoy dan bahagia.
Kalau kata Miminesia, blogging is about passion, skill and consistency. Passion akan bikin mata dan jiwa selalu berbinar, skill berguna untuk mengatasi segala masalah yang dijumpai di dalam prosesnya dan consistency adalah kunci agar semangat terus menyala.

Step by Step Membuat Blog

Buat yang benar-benar pemula, bab kedua ini tentu akan sangat membantu. Di sini akan dibagikan bagaimana cara membuat blog pada Blogger (Blogspot) dan Wordpress. Dua platform yang masih menjadi favorit bagi kebanyakan bloger.

Pertanyaan yang sering diajukan terkait platform blog adalah mana yang terbaik? Buku ini menjawab dengan bijak dengan membuka kelebihan dan kekurangan masing-masing platform.

Hey, tidak ada yang terbaik dan sempurna selain Allah kan, Entertain Holic? Begitu juga platform blog, semua pasti punya sisi unggul dan lemahnya masing-masing. Tinggal mana yang paling nyaman buat kita.

Membangun Konten Blog untuk Blogger Pemula

Blognya sudah dibuat, tapi bingung mau diisi apa? Setelah tuntas membaca bab ini, dijamin menulis satu artikel akan terasa lebih ringan. Mbak Widyanti Yuliandari akan berbagi dari A to Z tentang printilan apa saja ketika menyiapkan sebuah konten blog yang menarik.

Namun sebelumnya Entertain Holic akan diajak untuk mengetahui kriteria blog yang baik seperti apa. Baru kemudian mbak Wid akan memandu bagaimana memilih tema tulisan, mencari bahan, mendapatkan ide, membuat outline dan mengembangkannya menjadi paragraph yang baik, memberi judul yang asyik, melakukan self editing hingga bagaimana membuat garnish konten yang kece.

Bahkan di setiap sub bab di bagian ini, mbak Wid mengajak kita untuk berlatih bersama. Terasa benar-benar sedang dipandu di dalam sebuah kelas ngeblog.

Tips Ngeblog untuk Pemula

Narablog pemula yang baru saja njebur ke dunia ini berbekal otodidak dan sedikit bumbu nekat, bisa jadi akan merasa oleng ketika berada di tengah ‘lautan bloger nusantara’. Ada banyak mahzab, ada banyak kelompok, terlebih ada banyak harapan yang meluap-luap di dalam hati.

Harus ke mana kaki melangkah? Tips-tips yang dibagikan di bab ini membantu Entertain Holic yang berencana memulai atau sudah njebur di dunia blogging untuk tetap berdiri dengan ajeg. Mau sekencang apa badai melibas, mau secepat apa kapal lain melaju, kita bisa tetap teteg dengan perjalanan sendiri.
Setiap orang menempuh jalur suksesnya sendiri. Tak ada yang terlalu cepat, tak ada yang terlalu lambat. Hanya saja bloger perlu mengintrospeksi diri ketika jalannya lebih lambat dari yang lain. Bisa jadi karena sejak memulai ngeblog tak memiliki visi misi yang jelas. Juga buta apa hal yang seharusnya dilakukan.
Salah satu hal penting dalam proses ngeblog adalah berkomunitas. Terutama buat Entertain Holic yang bukan tipe pejuang tunggal dan merasa butuh jamaah untuk melesat bersama.

Berkomunitas meski kini lebih banyak di ruang maya, sebenarnya juga punya adab-adab yang sama saat kita sedang bersosialisasi di dunia nyata. Bab ini akan memberikan tips terkait adab berkomunitas juga berbagi nama-nama komunitas yang bisa diikuti.

Blog Berbayar atau Gratisan

Bab ini akan menjawab keresahan beberapa bloger pemula tentang kapan sih sebaiknya beralih dari blog gratisan ke blog berbayar. Atau mungkin pertanyaan tentang memangnya harus ya punya blog berbayar?

Ketiga penulis cantik buku Ngeblog dari Nol menjabarkan apa perbedaan keduanya, beserta kelebihan dan kekurangannya. Tak hanya itu beberapa blogger profesional juga turut membagikan cerita mengenai kapan mereka mulai memilih blog berbayar dalam perjalanan ngeblognya.

Sebut saja ada mas Ihwan Hariyanto pemilik keluargabiru.com, mbak Erin Friyana bloger dibalik tomojikan.com, mas Bahrul Ilmi sosok inspiratif pemilik bahrulilmi.com, mbak Rahmah motor dibalik chemistrahmah.com, dan masih banyak lagi.

Cerita para blogger ini tentu mampu memberikan wawasan terkait mana yang harus dipilih ketika memulai ngeblog, yang berbayar atau gratisan.

Memilih Hosting Andal

Tips yang ada di bab ini adalah bekal bagi para bloger pemula, khususnya yang memilh platform Wordpress, sebagai partner berkarya. Ada enam tips tertuang yang berguna untuk mengusir kebingungan kita saat akan memilih hosting.

Apalagi di awal tahun seperti ini, saat banyak promo menarik dari berbagai provider. Hosting mana yang terbaik? Mana saja bisa, tapi kita perlu tahu performa dan lokasi server, bandwith, kapasitas penyimpanan, dan layanan yang diberikan. Jangan lupa juga pertimbangkan technical support-nya punya respon cepat atau nggak, serta harga yang diberikan masuk akal kah?

Memilih Niche Blog

Pada bab penutup terasa sangat spesial karena ada lima bloger kondang yang turut berbagi perjalanan mereka dalam menentukan niche alias topik blog spesifik. Salah satu yang paling menarik adalah tulisan dari mbak Wijatnika Ika, pemilik blog wijatnikaika.id yang mengangkat topik women issue.

Mbak Wijatnika kini telah berpulang ke Rahmatullah. Namun tulisannya akan selalu abadi. Salah satu alasan mengapa beliau memilih women issue sebagai niche blognya karena ia ingin melawan stigma dan menghancurkan mitos. Sebuah big why yang sangat kuat. Pantas jika tulisan-tulisannya pun begitu bernas.

Baik Mbak Wijatnika dan keempat bloger lain yang menyumbangkan pemikirannya di bab ini sama-sama memiliki benang merah terkait menentukan topik blog. Pilihlah topik yang disukai, karena hal itu akan lebih mudah bagi kita menjalani prosesnya.

Buku Ngeblog dari Nol nggak sampai di sini. Setelah bab terakhir ditutup dan disusul dengan profil ketiga penulis, ada bonus luar biasa yang nilainya tiada tara.

Ada contoh-contoh tulisan dari berbagai topik, juga puluhan inspirasi yang akan memantik ide menulis artikel. Miminesia yakin sih siapa saja yang memiliki buku ini dan tuntas membacanya, akan langsung bisa menulis setidaknya satu artikel berbekal dari daftar inspirasi yang tercetak di sini.

Namun hal paling menarik adalah sebuah Blog Panner cantik yang bakal bikin semakin semangat untuk menjalani proses ngeblog.
blog planner bonus buku

Buku Ini dan Alasanku Membangun Entertainesia

Senyuman lebar tersungging di bibir Miminesia usai membaca buku ini. Mungkin kalau wajah Miminesia digambar, bakal terlihat seperti kartun yang ada di cover buku, hehe. Membutuhkan waktu sekitar dua atau tiga jam untuk menuntaskan hingga halaman terakhir.

Satu hal yang Miminesia pertanyakan ketika selesai membaca buku cantik dengan dominasi putih dan merah ini adalah “Masihkah aku fun saat ngeblog?”

Pertanyaan sederhana namun cukup menggelitik. Jika dihitung sejak memiliki blog pertama pada 2013, maka ini adalah tahun kesembilan bagi Miminesia nyemplung di dunia blogging. Ada saatnya pasang, juga ada masanya surut.

Hingga kini bisa memiliki blog lebih dari satu terkadang cukup ngos-ngosan. Sesekali juga butuh bantuan teman-teman penulis konten untuk menyiapkan tulisan. Namun karena sisi perfeksionis di dalam diri masih tumbuh setia, keinginan untuk update tulisan dari tangan sendiri masih demikian besar.

Jika ditanya mengapa membangun Entertainesia, apa target dan harapannya. Well, Miminesia bisa bilang ini blog yang dibuat untuk bersantai. Jika blog lain yang dimiliki sebelumnya sudah mulai memikirkan keyword ber-CPC, harus punya minimal sekian PV dan DA, blog ini berbeda.

Blog ini sengaja dibuat untuk berjalan selow dan tak terlalu ambil pusing tentang ini dan itu. Miminesia merasa butuh satu wadah untuk bisa lebih mindful dalam ngeblog. Ketika blog lain sudah mulai menghasilkan cuan, Entertainesia tidak dibuat untuk itu.
alasan di balik entertainesia.com
Karena ingin bersantai, maka niche entertainment alias hiburan yang diambil. Selain karena memang hobi Miminesia nggak jauh dari membaca buku, menonton film dan mendengarkan musik. Tiga hal itu yang nantinya akan dijadikan motor blog ini.

Sudah banyak buku yang dibaca, film yang ditonton, juga musik yang didengar. Banyak di antaranya yang mampu meninggalkan kesan mendalam, tetapi selalu tak sempat menuliskannya karena blog lain sudah terlampau sesak dengan jadwal “tulisan titipan”. Maka di sinilah Miminesia berharap bisa membagikan tulisan-tulisan tertunda tersebut.

Sebelum membaca Ngeblog dari Nol, Miminesia sedang dalam tahapan terengah-engah mengejar target yang dibuat sendiri. Dan setelah kelar membacanya, kini bisa lebih santai dan kembali pada jalur yang telah dimiliki.

Ya, buku ini menjadi pengingat bahwa setiap bloger punya prosesnya masing-masing. Tak perlu tergesa-gesa, tak perlu berlomba-lomba, stay cool and tetap berbagi cerita. So, siap tunggu cerita-cerita berikutnya dari Miminesia?***
Marita Ningtyas
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

Post a Comment