header entertainesia

Jarang Diketahui Turis, Ini 4 Hidden Gem di Singapura yang Menarik untuk Dikunjungi

Post a Comment
hidden gem di Singapura
Bicara tentang Singapura, wisata yang umumnya didatangi para traveler yaitu tempat-tempat mainstream seperti Patung Merlion, Orchard Road, Marina Bay Sands, Universal Studios Singapore, dan Garden by The Bay. Buat kamu yang ingin suasana baru dan bosan dengan destinasi yang mainstream di Singapura, kamu bisa menjelajahi destinasi lain yaitu hidden gem yang menyuguhkan wawasan dan inspirasi baru.

Yuk Intip 4 Hidden Gem di Singapura Ini!  

Mengunjungi tempat baru akan membuat kamu mendapatkan perspektif berbeda dan pengetahuan tentang sisi lain Singapura. Untuk urusan akomodasi, jangan khawatir karena banyak hotel di Singapore murah. Apalagi sekarang lagi ada promo Traveloka 12.12 yang pastinya bikin liburanmu jadi jauh lebih hemat. Apa saja destinasi hidden gem itu?
keppel marina desalination pant

1. Keppel Marina Desalination Plant

Sebagai salah satu negara maju di Asia, Singapura benar-benar serius mengelola dan mengkonservasi air. Negara terkenal dengan air bersihnya yang bisa langsung diminum dari keran. 

Singapura mempunyai kilang desalinasi air, salah satunya yang dibuka untuk umum yaitu, Keppel Marina Desalination Plant. Kawasan di pabrik desalinasi air ini bisa dimanfaatkan untuk jogging, rekreasi, berjalan kaki, atau bersepeda.

Meski pengunjung tidak bisa masuk sembarangan ke area pabrik, para pengunjung bisa mendapatkan akses di area atapnya atau Green Roof, yaitu taman hijau yang dilengkapi tanaman, bunga yang lengkap dengan papan informasi dan kolam-kolam estetik yang indah. 

Kamu bisa mengetahui informasi tentang kilang desalinasi dan bagaimana integrasi sistem pengelolaan untuk air hujan di Singapura. Tempat ini juga menyuguhkan pemandangan kota dan bangunan-bangunan ikonik Singapura. Dari atas, kamu bisa berfoto dengan latar belakang Singapore Flyer dan Marina Bay Sands pada satu frame.

2. Enabling Village

Sesuai namanya, Enabling Village adalah kawasan unik yang ramah untuk komunitas inklusif. Ada banyak fasilitas yang diprioritaskan untuk para difabel agar bisa mengaksesnya dengan mudah. Seperti gym, playground, pusat seni, supermarket, kafetaria, balai pelatihan kerja hingga ruang showcase Tech-Able dengan beragam teknologi yang menunjang para difabel. 

Siapapun bisa mengunjungi tempat ini meski tidak difabel. Semua fasilitas di Enabling Village dilengkapi dengan desain yang memudahkan para difabel untuk beraktivitas tanpa dibantu. Mulai dari jalan, kamar mandi, lift, induction loops ber,teknologi T-coils, indikator taktil untuk tunanetra, huruf braille serta earphone ports.

Para pengunjung non difabel bisa menikmati senja di teras dengan desain amfiteater, serta ngopi di Art Bar yang dilayani oleh para difabel. Di sini kamu juga membeli kerajinan tangan dan karya seni buatan para difabel di The Art Faculty. 

Kamu bisa mengikuti tur dengan harga 19-25 dollar Singapura untuk berkeliling Enabling Village selama 1,5 jam, hingga mendapatkan fasilitas voucher yang bisa ditukar di Art Bar.
social innovation park

3. Social Innovation Park

Di daerah Punggol, Singapura, ada Social Innovation Park (SIP) yang bisa kamu jadikan pilihan untuk bersantai karena area ini jauh dari hiruk pikuk kota. Taman ini cocok dijadikan tempat bersantai dan menikmati semilir angin. Di sini, pengunjung Kamu bisa menikmati semilir angin sambil mencicipi makanan dan jajan di bistro dan restoran yang ada di Punggol Container Park.

Tempat ini juga cocok untuk anak-anak. Ada operator permainan, kelas memanah dan permainan tantangan yaitu menangkap udang yang seru. Di dalam ini juga ada pembibitan tanaman dan kebun kecil yang terintegrasi dan bisa menjadi tempat untuk berdiskusi. Tempat ini buka dari jam 09.00-18.00 dan tidak dipungut biaya masuk.

4. Kampong Lorong Buangkok

Datang ke tempat wisata di Singapura yang sudah umum memang asyik. Tapi, sesekali kamu perlu mengunjungi tempat-tempat unik untuk refreshing. Hidden gem berikutnya yang jarang dikunjungi wisatawan yaitu Kampong Lorong Buangkok.

Tempat ini berlokasi di area Hougang dan difungsikan menjadi desa wisata. Dijamin kamu tidak akan nyesel datang kesini karena disini kamu bisa melihat sisi lain Singapura yang gak akan kamu temukan di tempat lain.

Di sini ada sekitar 25 rumah kayu yang lengkap dengan arsitektur dan bangunan khas Melayu. Tempat ini cukup sejuk karena banyak pepohonan yang rimbun. 

Kamu bisa melihat pemandangan kontras saat menyambangi Kampong Lorong Buangkok. Sebab, ada panorama gedung tinggi pencakar langit yang tak jauh dari tempat ini. Perbedaan Singapura di jaman dulu dan sekarang terlihat dengan jelas. Hidden gems ini Instagramable banget untuk foto.

Itulah 4 hidden Gem di Singapura yang bisa kamu jadikan alternatif saat berkunjung kesini. Meski Singapura bukan negara yang luas, tapi hidden gems diatas layak dikunjungi satu per satu. 

Dijamin kamu gak akan bosan karena gak pelesiran ke destinasi yang familiar di Singapura. Tertarik mengunjungi hidden ini? Jangan lupa untuk pesan semua kebutuhan liburanmu di Traveloka.
promo traveloka 12.12
Sekarang lagi ada promo Traveloka 12.12 Sale! Ada s.d. 70% diskon yang dijamin kamu pasti lebih untung + kupon diskon s.d. Rp 1.2 juta mulai 25 Nov - 12 Des 2022. Jadikan staycation, weekend getaway, liburan akhir tahun lebih berkesan dengan Traveloka!
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

Post a Comment